Loyalitas Pelanggan – Bisnis akan tetap ada selama pelanggan kembali membeli produk tersebut. Namun, menjadikan pembeli sebagai pelanggan loyal yang akan membeli produk lagi dan lagi bisa jadi perkara sulit.
Padahal, semua orang tahu bahwa memiliki pelanggan loyal adalah aset besar suatu bisnis. Kamu bukan cuma akan meraih pendapatan tetap pada jangka waktu panjang, tetapi juga dapat mengurangi biaya pemasaran. Mencari tahu cara meningkatkan loyalitas pelanggan adalah prioritas kamu sebagai pelaku usaha, di samping terus berinovasi dan mengembangkan kualitas produk.
Lalu, apa saja aspek yang memengaruhi tingkat loyalitas pelanggan? Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen dan mempertahankannya untuk waktu lama? Mari simak ulasan berikut!
Aspek yang Memengaruhi Tingkat Loyalitas Pelanggan
Pertama, kamu perlu mengetahui dahulu apa saja aspek yang berpengaruh terhadap tingkat loyalitas konsumen. Dengan begitu, kamu dapat mengoptimalkan strategi mana yang tepat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
1. Kepuasan
Aspek kepuasan mengukur kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan oleh para pelanggan terhadap produk maupun pengalaman berbelanja. Makin puas pelanggan, makin besar kemungkinan mereka berbelanja lagi di tempat kamu.
2. Kepercayaan
Aspek kepercayaan akan menilai sejauh mana keinginan atau kemauan individu dalam mempercayakan suatu merek guna menjalankan atau melakukan fungsinya. Cara meningkatkan loyalitas pelanggan harus memperhitungkan aspek ini agar suatu produk dipercaya pelanggan untuk jangka waktu yang lama.
3. Ikatan emosional
Sadar atau tidak, ketertarikan pembeli terhadap suatu merek bisa dilatarbelakangi oleh berbagai hal. Ketika mereka merasa suatu merek dapat merepresentasikan dirinya karena memiliki karakteristik serupa, saat itulah tercipta suatu ikatan emosional antara keduanya. Ikatan emosional ini membuat pembeli turut berbagi ikatan kuat serupa dengan sesama pelanggan yang memakai produk/jasa tersebut.
4. Kenyamanan dan kemudahan
Pelanggan membeli produk atau jasa berulang kali semata karena sudah merasakan kenyamanan dan kemudahan saat berbelanja. Mereka dapat berbelanja dengan tenang tanpa perlu coba-coba maupun khawatir mendapatkan pengalaman buruk.
5. Pengalaman berkesan
Ketika pelanggan mengalami transaksi pembelian yang menyenangkan, hal tersebut akan menjadi pengalaman berkesan baginya. Pengalaman positif tersebut akan terakumulasi menjadi pengalaman berbelanja menyenangkan sehingga mereka jadi pelanggan setia dan tidak ragu untuk kembali berbelanja di tempat yang sama.
Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat
Ide Pokok “This is Marketing”
8 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Selanjutnya, apa saja cara membangun loyalitas pelanggan yang bisa dicoba untuk bisnismu?
1. Buat pelanggan percaya
Bukti sosial ternyata bisa jadi senjata kamu membangun kepercayaan pelanggan lho. Media sosial menempatkan bukti sosial pada posisi penting karena pelanggan senang mencari tahu bagaimana review orang-orang tentang suatu bisnis.
Ketika orang lain membicarakan hal-hal positif tentang bisnismu, pelanggan akan mempercayainya dan mereka makin yakin atas keputusan pembelian yang telah dibuat. Begitulah trik pertama cara membangun loyalitas konsumen.
2. Buat inovasi produk secara berkala
Lakukan inovasi produk secara berkala agar pelanggan tidak beralih ke kompetitor, baik menambah varian baru atau melahirkan produk baru.
Inovasi akan memantik rasa penasaran pelanggan untuk mencobanya. Tetap imbangi penambahan variasi produk dengan kualitas yang baik supaya pelanggan malas berpindah ke lain hati.
3. Bangun kedekatan
Email marketing boleh kamu coba sebagai cara membangun kedekatan dengan pelanggan. Alih-alih hard selling, gunakan pendekatan ini untuk melakukan soft selling demi membina hubungan jangka panjang dengan mereka.
Lewat newsletter, bagikan pula konten yang memiliki nilai tambah untuk produk selain materi promosi, misalnya tips, saran pemakaian, atau project DIY menggunakan kemasan produk.
4. Dengarkan masukan dan kritikan
Buat survei pelanggan sebagai upaya menerima masukan dan kritikan pelanggan. Umpan balik mereka jadi bantuan bagimu untuk menilai sejauh mana keberhasilan produk dan mana yang perlu kamu buat lebih baik lagi.
Dari hasil survei tersebut, tentu saja kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan evaluasi. Lalu, tindak lanjuti dengan membuat beberapa penyesuaian pada produk dan layanan bisnis.
5. Melayani melebihi ekspektasi
Cara meningkatkan loyalitas pelanggan berikutnya adalah jangan ragu untuk melayani melebihi ekspektasi mereka. Pelanggan senang ketika kamu selalu melakukan apa yang sudah dijanjikan sebelumnya, terlebih jika kamu memberikan pelayanan ekstra.
Ketika kamu bisa melayani jauh di atas harapan mereka, pelanggan setia pun tidak ragu untuk merekomendasikan bisnismu kepada orang lain atau malah sukarela menyandang “titel” brand evangelist. Bagian terbaiknya? Kamu dapat menekan biaya promosi untuk itu!
6. Layanan pelanggan yang solutif
Mempunyai produk terbaik akan terasa percuma jika tidak dibarengi dengan layanan pelanggan yang solutif. Ada banyak cerita yang menunjukkan bagaimana pelanggan berpindah ke produk kompetitor karena customer service yang payah.
Ya, pelanggan tidak hanya butuh pengalaman positif saat berbelanja, tetapi juga pengalaman purnajual. Ketika mereka memberi masukan atau keluhan soal produk, respons layanan pelanggan atas masalah yang dialami jadi sorotan. Bangun sistem layanan pelanggan yang responsif serta solutif jadi cara membangun loyalitas pelanggan yang tak kalah penting.
7. Beri diskon atau reward
Siapa yang nggak suka diskon? Cara meningkatkan loyalitas pelanggan ini hampir pasti memikat siapa pun. Keberadaan diskon memberi mereka alasan membeli lagi produk kamu.
Selain diskon, sistem reward juga bisa meningkatkan penjualan. Misalnya, memakai sistem poin untuk jumlah pembelian tertentu. Kemudian, poin itu ditukarkan dengan barang, voucher berhadiah, maupun hadiah menarik lain.
8. Sediakan program loyalitas pelanggan
Terakhir, pastikan kamu menyelenggarakan program loyalitas pelanggan. Cukup dengan mengoptimalkan sistem keanggotaan atau membership, pelanggan bisa menikmati aneka keuntungan.
Buat keanggotaan tersebut terlihat spesial melalui penawaran menarik, seperti preview produk sebelum diluncurkan, early sale, dan harga khusus anggota. Dengan begitu, pelanggan merasa mendapat keuntungan lebih sehingga tetap setia membeli produk yang kamu tawarkan.
Dari 8 cara meningkatkan loyalitas pelanggan, mana cara yang pernah kamu coba praktikkan? Mengingat pelanggan adalah aset bisnis, sudah sepatutnya kamu mengalokasikan bujet khusus untuk menjaga relasi dengan mereka.
Baca juga: Rekomendasi Jajanan Anak Sekolah untuk Ide Jualan
Coba dengerin ulasan This Is Marketing di Noice bagaimana Sering PDKT sama Konsumen Bisa Bikin Mereka Lebih Nempel. Pastikan kamu udah download Noice di PlayStore atau AppStore ya. Yuk, temukan ribuan konten audio gratis dari Rumah Konten Audio Indonesia, hanya di Noice!