Dalam aktivitas pemasaran sebuah bisnis, umpan balik atau feedback dari konsumen adalah hal penting. Pasalnya, pendapat dari konsumen yang kemudian lazim disebut testimoni pelanggan ini dianggap mencerminkan kepuasan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan.
Sebagaimana diketahui, testimoni adalah bentuk pernyataan dari pelanggan terkait produk yang dikonsumsi atau layanan yang diterima. Karena umumnya ini adalah ungkapan yang jujur, tak heran jika kemudian dijadikan salah satu indikator kepuasan pelanggan terhadap keseluruhan pengalaman transaksi. Mulai dari kualitas produk, cara interaksi dengan konsumen, pelayanan pengiriman, hingga layanan purna jual seperti menanggapi komplain atau lainnya.
Testimoni ini sendiri bisa dalam bentuk positif atau negatif yang menandakan puas tidaknya konsumen atas produk/jasa yang didapat. Ini tentu berpengaruh besar terhadap kemajuan bisnis, karena umumnya kerap dijadikan tolak ukur sekaligus pertimbangan oleh para calon konsumen berikutnya. Mereka akan terlebih dulu memperhatikan atau membaca testimoni pelanggan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli atau menggunakan jasa layanan tersebut.
Untuk itulah, penting bagi para pebisnis mendapatkan testimoni positif dari pelanggan. Bagi Anda yang juga ingin mendapatkannya, berikut beberapa cara yang bisa dicoba!
1. Lakukan Survei/Wawancara
Cara pertama yang bisa dicoba untuk mendapatkan testimoni pelanggan adalah dengan melakukan survei atau wawancara. Caranya, Anda bisa mengirim formulir survei digital yang berisi beberapa pertanyaan singkat terkait produk/jasa yang digunakan.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menyangkut beberapa hal penting dalam pelayanan, seperti kelengkapan produk, kesesuaian produk dengan katalog, kualitas pelayanan/pengiriman, serta bisa juga berupa saran untuk peningkatan produk/layanan.
Dalam survei ini, usahakan buatlah pertanyaan yang simpel namun berkesan. Hal ini penting agar konsumen tidak bingung dan tidak malas untuk menjawabnya. Anda juga bisa membuat pertanyaan seperti, “Pengalaman seperti apa yang Anda rasakan setelah menggunakan produk kami?” atau lainnya guna memancing testimoni atau ulasan yang positif.
2. Tambahkan Halaman Testimoni di Situs Web
Selain dengan mengirimkan formulir survei digital, Anda juga bisa menyediakan halaman testimoni di situs website. Caranya, cantumkan beberapa pertanyaan beserta kolom khusus untuk pelanggan menampilkan foto atau video. Buatlah pertanyaan survei sederhana terkait kelengkapan/kualitas produk, kesesuaian produk, layanan jasa pelayanan/pengiriman, hingga manfaat dan keunggulan produk tersebut.
Dengan adanya halaman khusus testimoni pelanggan ini, mereka akan lebih mudah memberikan ulasan, komentar, rating, ataupun kritik dan saran. Calon konsumen selanjutnya pun dapat dengan mudah melihat sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Sebagai admin website, Anda juga bisa membaca dan menyortir terlebih dulu sebelum testimoni tersebut dipublikasikan di website.
Baca juga: Cara Membuat Strategi Branding UMKM yang Perlu Kamu Ketahui
Ide Pokok “This is Marketing”
3. Aktif di Media Sosial
Media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana mendapatkan testimoni pelanggan. Buatlah akun media sosial khusus/resmi untuk bisnis Anda, entah itu di instagram, Facebook, Tiktok, atau lainnya. Kemudian, selain sebagai tempat promosi, gunakan media sosial tersebut untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Bersikaplah ramah dalam memberikan feedback, khususnya ketika membalas komentar. Apalagi, ketika konsumen tersebut berusaha membagi pengalamannya terkait produk atau jasa yang telah diterima.
Dibanding yang lain, media sosial tergolong lebih mudah mengumpulkan testimoni, mengingat banyaknya orang yang menggunakan. Jadi, usahakan Anda bisa selalu aktif di media sosial, baik itu untuk promosi ataupun memberi feedback pada pelanggan.
4. Follow-Up Pelanggan Baru
Anda juga bisa mendapatkan testimoni positif dari para pelanggan baru. Namun, untuk hal ini, usahakan beri jeda beberapa waktu setelah pembelian untuk melakukan follow-up. Kemudian, setelah beberapa hari, hubungi pelanggan tersebut melalui email, telepon, atau lainnya, dan tanyakan kesediaannya untuk memberikan testimoni atau ulasan terkait produk/jasa yang diterima.
Jika bersedia, ajukan beberapa pertanyaan khususnya yang berkaitan dengan pendapat mereka setelah menggunakan produk/jasa. Secara lebih detail, barangkali Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti, “Apakah produk yang dibeli sesuai dengan harapan?”, “Apakah hal yang paling disukai dari produk tersebut?”, hingga “Jika Anda merekomendasikan produk dan toko online kami pada sahabat terdekat, kira-kira apa yang akan Anda katakan?” atau lainnya.
Jika jawaban yang diberikan cenderung positif, jangan lupa minta kesediaannya untuk berbagi pengalaman di halaman testimoni pelanggan yang ada di website, marketplace, atau media sosial bisnis Anda.
5. Buat Giveaway atau Kontes
Cara lain yang juga terbilang cukup efektif untuk mendapatkan testimoni positif adalah dengan mengadakan Giveaway atau kontes berhadiah. Caranya, ajak follower toko/media sosial untuk mengunggah foto saat mengenakan produk dan minta mereka untuk memberikan kesan atau pengalaman selama menggunakannya.
Atau, bisa juga Anda mengemasnya dalam sebuah kontes berhadiah, seperti kontes video pendek, video tutorial menggunakan produk secara kreatif, kontes essay, atau lainnya. Kemudian, minta mereka untuk menyebarluaskan info dan unggahan tersebut ke media sosial atau platform lain, agar kian banyak orang yang melihat atau bahkan tertarik mengikuti kontes serupa. Tentunya, semakin banyak informasi tersebar, produk Anda pun akan kian dikenal. Apalagi, bisa dipastikan bahwa semua testimoni pelanggan tersebut bernada positif.
Cara ini tak hanya akan memudahkan Anda mengumpulkan testimoni positif, tetapi juga membuat para pelanggan merasa bahwa opini atau ulasannya dihargai. Umumnya, mereka tidak akan ragu untuk berbagi testimoni berkualitas demi mendapatkan giveaway atau hadiah. Bagi para pemilik bisnis, manfaat testimoni pelanggan ini juga akan meningkatkan brand awareness usaha Anda.
6. Beri Reward untuk Pelanggan
Selain dengan mengadakan Giveaway atau kontes, Anda juga bisa memberi reward atau hadiah bagi para pelanggan yang berkenan memberikan ulasan/testimoni. Entah itu dengan cara memberi voucher potongan harga, cashback, atau bahkan sampel produk gratis.
Cara ini juga terbilang efektif untuk mendorong para pelanggan memberikan testimoni positif. Di sini, Anda harus paham bahwa terkadang pelanggan yang puas pun tetap harus dipancing atau didorong agar bersedia memberikan ulasan/komentar. Anggaplah ini sebagai insentif atau bentuk penghargaan terhadap mereka karena sudah meluangkan waktunya menulis atau memberikan testimoni.
Baca juga: Ketahui Penyebab Bisnis Gagal dan Cara Mengatasinya
Nah, itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan testimoni pelanggan. Untuk cara pengaplikasian secara lebih detail, Anda bisa mempelajarinya melalui Noicebook berjudul 10 Ulasan dari Konsumen bisa Bantu Kamu Mengambil Hati Calon Konsumen Lain. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Noice melalui PlayStore atau AppStore, ya.